diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

BKPSDM Pamekasan Minta ASN Cakap Digital

Rabu, 24 Mei 2023  284  

Pemkab Pamekasan- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur meminta aparatur sipil negara (ASN) di daerahnya untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Kepala BKPSDM Pamekasan, Saudi Rahman menyampaikan, kemajuan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi abdi negara untuk senantiasi mengupdate kemampuannya di bidang tersebut. 

Pemkab Pamekasan tahun ini kembali mendapat kepercayaan dari balai pengembangan sumber daya manusia dan pelatihan (BPSDMP) Kominfo Surabaya untuk melaksanakan pelatihan digital talent scholarship (DTS) skema goverment transformation academy (GTA) dengan berbagai jenis pelatihan cakap digital. Bahkan, di Jawa Timur hanya Kabupaten Magetan dan Pamekasan mendapay program itu sejak tahun 2022.

"Tentunya kita berterima kasih, karena Pamekasan telah dipilih, sehingga ini kesempatan baik bagi kita semua dalam rangka peningkatan kompetensi SDM ASN di Kabupaten Pamekasan," ungkapnya, selasa (23/5/2023).

Menurutnya, peningkatan SDM di bidang teknologi informasi menjadi salah satu amanat presiden bagi para abdi negara agar bisa beradaptasi dengan fenomena yang terjadi di era ini. Mengingat, revolusi industri telah mengubah tatanan hidup manusia di muka bumi dari berbagai aspek.

"Kalau dulu orang mau jadi pengusaha mobil, hotel atau properti harus punya lahan dan modal besar, sekarang tidak punya hotel sudah bisa menjadi pengusaha hotel, cukup dengan punya aplikasi. Makanya, ASN ini harus bisa menyesuaikan diri dengan digitalisasi di lingkungan masyarakat kita," tandasnya.

Mantan Camat Pamekasan ini melanjutkan, sebagian pelayanan kepada masyarakat sudah tidak harus tatap muka lantaran kemajuan teknologi itu, seperti pelayanan perizinan, dan pelayanan lain yang dapat memudahkan masyarakat.

"Dalam pelatihan GTA ini tidak ada proses sertifikasi, hanya pemberian sertifikat bagi yang lulus. Kami berpesan kepada peserta, skema GTA ini untuk bisa diikuti dengan baik dan seksama," tandasnya.

Dia memungkasi, pelatihan GTA sangat menunjang terhadap tugas pokok dan fungsi sebagai ASN, sehingga dapat menunjang terhadap akselerasi pelayanan kepada masyarakat.

"Artinya, BPSDMP Kominfo Surabaya ini sudah fasilitasi kita dalam peningkatan SDM kita di bidang digital," pungkasnya.