diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Bupati Pamekasan Serahkan Dana Hibah Bantuan Partai Politik, Ada yang Nyaris Rp 1 Miliar

Selasa, 30 Mei 2023  314  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar penandatanganan memorundum of understanding (MoU) penyerahan dana hibah bantuan partai politik (banpol) untuk tahun anggaran 2023 di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, selasa (30/5/2023).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam bersama ketua partai politik (parpol) yang didampingi bendahara parpol. Hadir pula dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah, Masrukin, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Syahrul Munir, serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Cahya Wibawa.

"Alhamdulillah hari ini saya senang, mulai kemarin teman-teman kalau ketemu saya bilang segera cair pak bupati. Sekarang saya pastikan bulan ini pasti cair," kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengawali sambutannya.

Dia menerangkan, dana banpol tahun ini naik dari Rp 1.700 menjadi Rp 5.000 per satu suara, sehingga setiap partai mendapatkan banpol dengan nominal berbeda sesuai dengan perolehan suara pada pemilihan legislatif (pileg) tahun 2019. Sementara, partai yang memperoleh banpol tertinggi adalah partai persatuan pembangunan (PPP) yang mencapai Rp 777.880.000 dari perolehan suara sebanyak 155.576.

"Tambahannya lebih dari 100 persen, sehingga kita ini bisa menciptakan politik yang kondusif, serta bisa menciptakan kader yang produktif, kader partai yang luar biasa," harapnya.

Dia mengajak pimpinan parpol untuk menciptakan atmosfer positif dan produktif, sebab dengan atmosfer itu akan bisa melahirkan tokoh nasional. Atmosfer positif itu tidak saling menjelekkan atau bahkan menjatuhkan antara satu dengan lainnya.

"Kalau situasi dan suasananya masih seperti ini sulit dapat tokoh hebat, berpikir transformatif. Tidak mungkin lahir pemimpin hebat dalam suasana antagonisme, sifat antagonisme ini bisa dilihat dari ekspresi masing-masing," tegasnya.

Dia berharap partai dengan perolehan banpol paling sedikit sama-sama memiliki semangat tinggi melakukan kaderisasi, menciptakan atmosfer politik yang edukatif dan produktif, atau tidak meretakkan persaudaraan antar satu dengan yang lainnya.

"Terakhir dari saya, beda antara keris dengan besi, untuk menjadi keris perlu bertapa lama, perlu menyerap hal positif, keluar dari kebiasaan. Selamat berjuang, mudah-mudahan damai, tenang, dan sukses," pungkasnya.