diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Disdikbud Pamekasan Sosialisasi Penulisan Ijazah, Ingatkan tak Boleh Salah

Jumat, 14 Juli 2023  248  

Pemkab Pamekasan- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar sosialisasi tentang penulisan ijazah siswa yang benar dan baik di SMPN 2 Pamekasan, jum'at (14/5/7/2023).

Acara yang dibuka oleh kepala bidang SMP Disdikbud Pamekasan, Ridwan tersebut khusus untuk tingkat SMP, baik SMP negeri atau swasta. Kali ini, sosialisasi itu khusus sekolah yang tergabung dalam sub rayon 1 dan sub rayon 2.

"Sosialisasi ini penting sekali karena berkaitan dengan masa depan siswa atau anak didik kita, sehingga tolong diperhatikan agar cara penulisan ijazahnya tidak salah," kata Kasi SMP Disdikbud Pamekasan, Ridwan saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Menurutnya, penulisan ijazah peserta didik berpedoman terhadap akta kelahiran siswa, bukan ijazah sekolah dasar. Sehingga, apabila terjadi ketidak samaan penulisan nama, tanggal lahir, dan lain-lain antara akta kelahiran dan ijazah, maka sekolah hendaknya menulis sebagaimana yang tertera dalam akta kelahiran.

"Dan tidak boleh ada kesalahan, kalau misalnya menulis nama, tanggal lahir atau apapun yang salah, jangan dihapus atau dicoret-coret. Tetapi harus mengajukan blanko ijazah lagi ke Kementerian," terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta sekolah untuk berhati-hati dalam menulis ijazah siswa guna mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan. Karena kekurangan blanko ijazah tidak bisa diatasi oleh instansinya, melainkan harus mengajukan kembali kepada pemerintah pusat.

Pihaknya juga meminta sekolah dapat memperhatikan kualitas sekolah, tidak sebatas mengejar kuantitas peserta didik, melainkan kualitas menjadi perhatian utama oleh sekolah. Sebab, pendidikan menjadi salah satu program prioritas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang harus didukung bersama.

"Kualitas sekolah setiap tahunnya harus mengalami peningkatan yang signifikan, jangan justru menurun. Tolong juga perhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sekolah," pintanya.