diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Siswa SD di Pamekasan Raih Juara Lomba Bertutur Tingkat Provinsi, Bupati Beri Reward Uang Pribadi

Rabu, 23 Agustus 2023  252  

Pemkab Pamekasan- Hebat, itulah kata yang pantas disematkan bagi Syafifatul Amalia. Siswi SDN Kowel 3 Pamekasan Madura itu sukses meraih juara lomba bertutur yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Anak yang akrab dipanggil Syifa itu beralamat di Jalan Kowel Jaya, Kelurahan Kowel, Pamekasan. Dia saat ini duduk di bangku kelas 6 dengan bimbingan khusus Bapak Akhmad Najibul Khair, dan Ibu Halidah. Dua guru ini menjadi pembimbing khusus sebelum mengikuti lomba tingkat provinsi tersebut.

Salah satu pembimbing, Akhmad Najibul Khair menuturkan, Syifa merupakan anak yang cerdas dengan minat baca tinggi. Berkat keuletannya, anak yang kini berusia 11 tahun tersebut mampu bersaing di tingkat provinsi dengan meraih juara harapan 1.

Dalam lomba itu, Syifa mengangkat tema "Sejarah Pondok Pesantren Sombher Anyar (Kiai Zubair)". Naskah lomba dibuat oleh dua pembimbing dibantu mantan Wakil Bupati Pamekasan sekaligus budayawan Madura, Dadang Satrodiwirjo.

"Terima kasih kami sampaikan kepada semuanya yang telah membantu dan mendukung untuk mengikuti lomba ini, terutama bapak kepala sekolah yang luar biasa mendukung kami," kata pria yang akrab disapa Arik tersebut.

Dia berharap, cerita sejarah yang dibawakannya mampu berdampak positif terhadap diri anak, dan lingkungan sekitar, sehingga rasa nasionalisme tertanam kuat demi tegaknya negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

"Melalui cerita budaya lokal kami sebagai guru berharap penguatan pendidikan karakter religius, gotong royong, nasionalis, mandiri dan integritas akan tertanam pada jiwa anak, sehingga muncullah cipta, rasa dan karsa untuk bergerak melakukan hal positif bagi agama, bangsa dan negara," tandasnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam langsung memberikan sejumlah uang pribadinya kepada Syifa saat acara resepsi kenegaraan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) RI ke 78 di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Jum'at (18/8/2023) malam.

Arik mengaku, Syifa bahagia atas hadiah uang yang diberikan orang nomor satu di Pamekasan tersebut. Bahkan, uang itu ia akan gunakan untuk menambah jumlah koleksi buku.

"Uangnya akan saya belikan buku Pak," kata Arik menirukan ucapan Syifa.

Menurut Bupati, prestasi yang diraih Syifa merupakan buah manis dari belajar yang rajin, membaca buku, dan tentu dukungan lingkungan sekitar. 

"Saya bangga sekali dengan prestasi ini, dan saya tentu mengapresiasi atas kerja keras semuanya. Karena pendidikan memang menjadi salah satu program prioritas Pemkab Pamekasan," katanya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada guru pembimbing, kepala sekolah, dan lingkungan sekitar yang telah membantu mengharumkan nama Pamekasan di tingkat provinsi dalam lomba tersebut.

"Saya sampaikan selamat dan sukses kepada Syifa, semoga kelak menjadi anak yang sukses, berbakti kepada orang tua, agama, bangsa, dan negara," harapnya.