diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Pj Bupati Pamekasan Cek Langsung Sarana Prasara Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana

Jumat, 22 Desember 2023  161  

Pemkab Pamekasan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar apel kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometeorologi 2023-2024 di Lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Jum'at (22/12/2023).

Upacara tersebut diikuti oleh lembaga lintas sektor, meliputi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, tenaga kesehatan, dan forum relawan bencana. Tentu juga forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), Pj Sekretaris Daerah, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), dan camat se Kabupaten Pamekasan.

"Terdapat banyak tantangan yang kita hadapi dalam menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana. Hal ini tidak terlepas dari kompleksitas faktor yang mempengaruhi resiko bencana, serta sifat isu bencana yang merupakan isu bersama, sehingga perlu melibatkan seluruh pihak dan sumber daya yang dimiliki," kata Pj Bupati Pamekasan Masrukin saat memberikan sambutan dalam apel tersebut.

Pihaknya menyambut baik apel kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometeorologi 2023-2024 untuk memastikan kesiapan dalam mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Pamekasan. Harapannya seluruh resiko bencana dapat diminimalisir dengan baik.

"Kaitan dengan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu saya tekankan. Pertama, memastikan seluruh unsur SDM memahami tugasnya, perannya dan alur pertanggungjawaban tugasnya. Ini penting untuk dipahami karena petugas di lapangan yang akan menjadi contoh pertama bagi masyarakat," tandasnya.

Menurut dia, jika petugas di lapangan tidak mampu memberikan contoh terbaik bagi masyarakat, maka dapat dipastikan masyarakat akan meniru dan menjadi patokan dalam bertindak. Makanya, keteladanan petugas itu harus menjadi perhatian serius guna menekan tindakan negatif di tengah masyarakat.

"Kedua, memastikan seluruh sarana dan prasarana pendukung berfungsi dengan baik. Ketiga, fasilitas evakuasi dan dapur umum supaya disiapkan dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat maupun petugas di lapangan," pintanya.

Pantauan di lokasi, Pj Bupati Pamekasan Masrukin bersama forkopimda mengecek langsung kesiapan personil, dan kesiapan sarana prasarana dalam mengantisipasi terjadinya bencana. Sarana prasarana itu meliputi motor, perahu karet, mobil, makanan, dan lain sebagainya.

"Keempat, saya minta dukungan semua pihak, termasuk media, relawan agar secara massif mengedukasi masyarakat. Sehingga dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat untuk selalu siaga menghadapi resiko bencana," pungkasnya.