diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Kades Jarin : Masyarakat Rasakan Langsung Program Besti Berdering

Senin, 26 September 2022  815  

Pemkab Pamekasan- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur telah meluncurkan program Besti Berdering (Bersama Bupati Bereskan Desa Kering) untuk desa terdampak kekeringan musim ini.

Launching Besti Berdering ini dilaksanakan di Desa Jarin Kecamatan Pademawu, Sabtu (24/9/2022). Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam hadir langsung dalam acara tersebut bersama Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto, dan Dandim 0826, Letkol Inf. Ubaidillah.

Kepala Desa Jarin, Kecamatan Pademawu Muhammad Zuhri menyampaikan, masyarakat di desanya merasakan manfaat program tersebut. Mengingat Desa Jarin termasuk desa kering yang membutuhkan suplai air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan.

Dia bercerita, selama dirinya memimpin Desa Jarin telah mengebor sekitar 10 titik yang rencananya akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Namun, dari 10 titik pengeboran itu semuanya tidak mengeluarkan air yang layak konsumsi, sumber mata air yang didapat asin.

Pihaknya sangat mengapresiasi program Besti Berdering yang digagas pada musim kemarau tahun ini. Karena program itu manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat. Lebih-lebih lembaga pendidikan atau pondok pesantren yang membutuhkan air lebih banyak dari masyarakat umum.

"Di Desa Jarin ini banyak sekolah dan pondok pesantren, makanya kami berhadap suplai air bisa terpenuhi. Kemudian yang terpenting, distribusi air bersih itu tidak hanya saat launching saja, tetapi terus menerus," katanya.

Zuhri melanjutkan, pihaknya salut kepada Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam semua kegiatan, utamanya masyarakat yang terdampak musibah. Hal itu merupakan bentuk kepedulian pemimpin kepada rakyatnya.

Dia berharap, Bupati Baddrut Tamam mampu mengemban amanah dengan baik, program yang berjalan sela ini selalu memihak kepada masyarakat. Tidak banyak pemimpin yang bisa hadir langsung di tengah-tengah masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun.

"Adanya program Besti Berdering bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Desa Jarin, dan pak bupati hadir langsung di tengah- tengah kita. Saya selalu membanggakan Bapak Bupati KH. Baddrut Tamam, karena beliau selalu bersama masyarakat di Desa Jarin," pungkasnya.