diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

Bupati Pamekasan Tegaskan Empat Hal jadi Alat Pemersatu Bangsa

Senin, 06 Maret 2023  2.566  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam mengurai beberapa hal yang menjadi salah satu alat mempersatukan bangsa di tengah perbedaan ras, suku, dan agama.

Menurutnya, setidaknya ada empat hal yang mampu mempertemukan perbedaan itu, pertama seni, kedua olahraga, ketiga ideologi, dan terakhir ekonomi atau kesejahteraan. Keempat komponen ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang tentunya harus dijaga dengan baik.

"Orang mau datang dan bertemu mau nonton kesenian tanpa bertanya latar belakang keluarga ras apa, suku apa, dan agama apa. Mereka bisa bertemu dan bahkan mereka bisa mengeluarkan uang karena ingin mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya," katanya, senin (6/3/2023).

Bupati murah senyum ini menambahkan, olahraga juga sangat ampuh menjaga perbedaan bangsa, mereka rela mengeluarkan biaya untuk melihat sebuah tontonan olahraga tertentu yang dapat menghiburnya, bahkan mereka juga harus rela hujan hujanan bersama tanpa memandang status seseorang yang berkumpul dalam satu tempat tersebut.

"Ideologi juga begitu, ideologi ini juga dapat mempertemukan seseorang, mereka memiliki komitmen yang sama, visi sama dan keinginan yang sama. Bahkan mereka rela mengorbankan daya dan upaya, harta dan tahta karena ideologi," tegasnya.

Demikian juga faktor terakhir yang dapat mempersatukan perbedaan itu adalah ekonomi, sebuah bangsa rela berkorban waktu, tenaga dan keluarga hanya ingin mendapatkan kesejahteraan yang dapat menopang kebutuhan hidupnya.

"Orang Madura ke Jakarta, atau orang Pamekasan berangkat ke beberapa tempat untuk mendapatkan kesejahteraan dengan bekerja di tempat-tempat atau provinsi tertentu. Kita kalau mau melakukan transformasi, rekonstruksi beberapa hal, kira kira pilihan strategi yang kita pakai masuk tidak dalam empat hal ini," tanya dia.

Dia memungkasi, jika semangat seni, olahraga, ideologi dan kesejahteraan ini bertemu untuk membangun Pamekasan hebat, rajja, bajra tor parjuga merupakan sesuatu yang luar biasa untuk keberlangsungan pembangunan daerah dan Indonesia secara umum.

"Kalau empat hal ini dijadikan satu dalam forum yang sama, itu luar biasa. Kadang dalam satu forum bertemu dalam dua hal, misalnya olahraga dan ekonomi," pungkasnya.