diskominfo@pamekasankab.go.id

Jl. Jokotole Gg IV No.01 Pamekasan, Jawa Timur.

Detail Berita

225 CPNS Diangkat PNS, Bupati Pamekasan Minta Hindari Hedonisme

Rabu, 08 Maret 2023  367  

Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam mengambil sumpah 225 calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemkab setempat di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, rabu (8/3/2023).

Pengambilan sumpah tersebut dihadiri Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin, Sekretaris Daerah, Masrukin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr. Saifuddin, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Saudi Rachman, dan beberapa pejabat lain di lingkungan Pemkab Pamekasan.

"Kita harus bersyukur kepada Allah SWT, karena kita ini orang pilihan dan istimewa, tidak semua orang mendapat kesempatan seperti mas mas dan adik-adik semua. Setelah acara ini sampai di rumahnya sungkem kepada orang tua, kalau yang perempuan sungkem ke suaminya," kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat memberikan pengarahan dalam acara tersebut.

Dia menyampaikan, ribuan orang atau bahkan ratusan ribu orang mengikuti rekrutmen calon pegawai negeri sipil yang digelar oleh pemerintah di semua tingkatan, tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan menjadi abdi negara sebagaimana 225 orang yang dikukuhkan tersebut.

"Saya berpikir semua orang yang mendaftar niatnya baik, ingin mengabdi kepada agama, bangsa dan negara, kalau ada gaji, golongan, itu hanya bonus dari pengabdian kita. Setelah jadi PNS, golongan darah mas mas dan adik-adik semua, golongan darahnya sudah berubah, bukan golongan A, B lagi, tetapi golongan abdi negara," tegasnya.

Tokoh Nahdlatul Ulama ini menambahkan, negara memberikan kesempatan kepada 225 PNS yang baru dikukuhkan tersebut agar biasa berkontribusi untuk kemajuan Indonesia, dan Pamekasan khususnya. Mengingat, masa depan bangsa Indonesia ada di pundak anak-anak muda, terutama aparatur sipil negara yang baru disumpah tersebut.

"Wajah Indonesia dan Pamekasan secara khusus pada 20 atau 30 tahun lagi ada di seluruh yang hari ini dikukuhkan. Saya bersama pak wabup dan pak sekda kalaupun masih hidup tidak setangkas dan secepat sekarang. Makanya nanti yang akan menempati posisi strategis, baik lurah, camat, kepala dinas, atau sekda adalah adik-adik semua," tandasnya.

Dia menegaskan, para aparatur sipil negara menghindari sifat hedonisme atau berfoya lantaran dapat mengganggu keberlangsungan pembangunan fisik maupun non fisik di negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Sementara pada 2045 Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi ketiga di dunia, sehingga untuk mewujudkan Indonesia emas tersebut komitmen harus tertanam kuat di dalam hati semua orang, utamanya abdi negara.

"Kalau di hati kita ini komitmen ingin mengabdi, maka perwajahan Indonesia dan Pamekasan ini akan hebat. Kita ini orang terhormat sesuai posisi masing-masing, karena kita ini orang terhormat, maka mari berkolaborasi dan bersungguh-sungguh mengabdi kepada bangsa dan negara," lanjut politikus PKB tersebut.

Bupati dengan sederet prestasi ini kembali mengajak PNS baru itu untuk senantiasa bersyukur atas nikmat Allah berupa kesempatan mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Kita ini sudah digaji oleh negara, kalau kita sudah digaji lantas kerjanya tidak maksimal, lantas tanggungjawan kita ini apa. Negara ini kecewa kepada kita kalau tidak bekerja sungguh-sungguh sesuai dengan tugas dan fungsi kita," pungkasnya.